Gattuso Ungkap Aturan Handball Perlu Dirubah Demi Menghindari Penalti Kontroversial

Gennaro Gattuso memberikan saran supaya aturan handball perlu diubah. Ini dilakukan demi menghindari adanya keputusan pelatih kontroversial akibat pelanggaran handball.

Napoli sempat dalam keadaan unggul 2-1 sampai menit ke 73 pada saat berhadapan dengan AC Milan dalam laga lanjutan Serie A Italia pekan ke 32 pada Senin dini hari waktu setempat. Milan mampu unggul lebih dulu melalui gol yang dicetak oleh Theo Hernandez namun Napoli mampu menyamakan kedudukan melalui gol dan Di Lorenzo dan berbalik unggul melalui gol dari Dries Mertens.

Akan tetapi keinginan Napoli untuk memetik kemenangan pada akhirnya harus sirna setelah Milan mampu menyamakan kedudulan setelah Franck Kessie mencetak gol penyama kedudukan melalui titik penalti. Wasit yang memimpin jalannya laga yakni Federico La Penna memberikan penalti setelah melihat VAR akibat Nikola Maksimovic dinilai melakukan pelanggaran terhadapn Giacomo Bonaventura.

Penalti itu banyak dibicarakan dikarenakan tekel dari Maksimovic itu dinilai mengenai bola terlebih dahulu. Gattuso sendiri kemudian tidak ingin banyak memberikan komentar mengenai keputusan tersebut.

Meskipun demikian Gattuso kemudian memberikan saran perlu adanya perubahan aturan terutama masalah handball supaya tim tidak sering dirugikan oleh keputusan wasit akibat penalti. Napoli sendiri sejauh musim ini berjalan terhitung sudah enam kali mendapatkan hukuman penalti.