Liverpool Akan Tersesat Tanpa Adanya Firmino

Virgil van Dijk, Alisson Becker dan Mohamed Salah memang banyak menuai pujian dari berbagai pihak karena sebagai tokoh utama di Liverpool. Akan tetapi bagi Andy Robertson sosok Roberto Firmino tidak kalah pentingnya.

Firmino datang ke Liverpool pada bursa transfer musim panas 2015 silam. Dia sejauh ini sudah bermain sebanyak 198 laga di semua ajang kompetisi dengan mencatatkan 68 gol dan 50 assist.

Kalau saja dibandingkan dengan Mane dan Salah, Firmino memang kalah terkenal. Wajar saja Salah dan Mane memiliki konstribusi besar dalam hal mencetak banyak gol.

Pada musim lalu saja ke dua pemain itu telah mencetak 22 gol masing – masing di Premier League, mereka memang sulit luput dari sorotan media. Sementara Firmino sendiri hanya mencetak 12 gol.

Akan tetapi jika dilihat secara permainan pemain berusia 27 tahun itu justru disebutkan oleh Robertson begitu penting. Sebagai penyerang tengah dia merupakan pemain pertama yang melakukan tekanan kepada pemain lawan pada saat tim tidak menguasai bola.

Dia juga tidak keberatan menjemput bola dan penyambung permainan dari sektor belakang ke depan. Secara praktis pemain berkebangsaan Brasil itu melakukan hampir semua tugas pemain saat berada di lapangan yakni dari posisi bertahan sampai melakukan kreasi peluang mencetak gol.